Perijinan Industri Rumah Tangga ( PIRT)

Hai sahabat MoBli πŸ™‚

Kali ini tim jambu kristal madiun raya mencoba mengulas dan menyampaikan informasi tentang Perizinan Industri Rumah Tangga atau sering disebut dengan singkatan P-IRT.
Kenapa kami mencoba mengulas tentang hal ini, tak lain karena kami memiliki harapan bahwa kelak akan banyak timbul usaha usaha baru yang mampu dan mau mengolah hasil buah jambu kristal menjadi produk pelengkap bagi kebutuhan masyarakat dan dalam upaya menciptakan peluang usaha baru serta meningkatkan kesempatan pertumbuhan pendapatan serta ekonomi di sekitar area perkebunan.
Mengapa P-IRT ini menjadi sebuah hal penting yang perlu diulas dan disampaikan, karena hal tentang pengolahan yang menghasilkan sebuah produk untuk konsumsi memerlukan sebuah jaminan keamanan bagi pengguna bahwa produk tersebut patut dan layak untuk dikonsumsi dan diangkat sebagai sebuah komoditas.

Mari kita mulai mengulas tentang istilah P-IRT πŸ™‚

Mengacu kepada peraturan pemerintah RI nomor 28 Tahun 2004 tentang keamanan, mutu dan gizi pangan dan keputusan Kepala BPOM RI no HK 00.05.5.1640 , bahwa P-IRT adalah izin jaminan usaha makanan dan minuman rumahan yang dijual memenuhi standar keamanan makanan atau izin edar produk pangan olahan yang diproduksi oleh UKM untuk dipasarkan secara lokal.
Izin P-IRT tersebut hanya diberikan kepada produk pangan olahan dengan tingkat resiko yang rendah.
Pada kasus hanya mengambil hasil produk orang lain kemudian dikemas untuk diperjualbelikan, diperbolehkan dengan catatan bahwa produk yang ada tersebut sudah memiliki izinΒ  dan SPP-IRT Produsen yang jelas dari dinas.
Lalu produk seperti apa saja yang harus memiliki ijin ini ?
Secara logika sederhana, setiap produk olahan yang diproduksi dan dikonsumsi masuk ke dalam tubuh manusia, baik dalam bentuk padat atau cair sejatinya harus memiliki ijin produksi yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah terkait, sebagai bentuk pertanggungjawaban moral, sosial serta hukum bagi semua pihak yang berkepentingan.
Sulitkah untuk memperoleh ijin ini ?
Sebenarnya pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan sudah memfasilitasi bagi para pengaju untuk mendapatkan kemudahan perijinan, yaitu dengan menggunakan jalur kelembagaan dari Departeman Kesehatan yang berada di setiap Kotamadya atau Kabupaten, bahkan untuk beberapa kasus bisa direkomendasikan melalui PUSKESMAS yang ada di daerah daerah di tingkat Kecamatan sebagai penguat untuk bisa mendapatkan dan memproses perijinan ini dari Departemen Kesehatan wilayah Kotamadya atau Kabupaten.
Berapa lama prosesnya ?
Seperti biasa sebuah pertanyaan yang timbul dari para pengaju, karena mungkin minimnya informasi serta ketidaktahuan, menganggap proses perijinan ini menjadi sulit dan memakan waktu yang lama. Sebenarnya tidak, seperti yang pernah dialami oleh penulis ketika mengajukan sebuah proses IUI (ijin Usaha Industri) di tingkat Kotamadya, Lembaga BPPT meminta sebuah dokumen harus dilengkapi dari Departemen Kesehatan tingkat Kotamadya sebagai salah satu syaratnya. Dan dalam hal ini Departemen Kesehatan, sudah menyediakan beberapa formulir yang dapat diisi, lalu dilengkapi dengan beberapa persyaratan dokumen yang tidak sulit untuk disediakan, seperti KTP pemilik usaha/pengelola, denah usaha/tempat produksi, surat pernyataan dari pengusahanya, foto diri, dan bersedia mengikuti pelatihan tentang sanitasi serta higienis dari Departemen Kesehatan yang berjadwal dan tanpa biaya.
Yang pada akhirnya nanti peserta pelatihan akan menerima sertifikat sebagai salah satu syarat untuk diterbitkannya sebuah dokumen perijinan dari Departemen Kesehatan.
Hal biaya yang timbul biasanya adalah ketika kebutuhan untuk proses pengambilan sampel dan uji laboratorium yang dilakukan oleh tim uji yang ditentukan oleh Departemen Kesehatan, dan biaya ini relatif tergantung dari jenis uji laboratoriumnya.
Jadi ketika kita bertanya, berapa lama prosesnya ? maka jawabnya adalah kembali kepada para pengaju, sejauh mana bahwa perijinan ini menjadi sebuah keharusan dan kebutuhan bagi usahanya untuk menjadi lebih mampu diterima oleh para calon konsumen/pasar.
Susunan Nomor Registrasi P-IRT
Susunan Nomor Registrasi P-IRT
So .. bagaimana sahabat MoBli ?
Masih perlukan perijinan ini untuk dimiliki ? Atau apakah menjadi kebutuhan bagi sahabat ?
Salam Jambu Kristal πŸ˜€
Untuk Indonesia Raya
Artikel ini telah diterbitkan di Blog Jambu Kristal Madiun Raya

2 thoughts on “Perijinan Industri Rumah Tangga ( PIRT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *